BAHAYAKAH INDUKSI?




Persalinan keduaku ini terbilang maju sekitar 2 minggu dari jadwal HPL bidan.
Sedikit terheran-heran sih kalo ternyata hari itu tgl 20 februari 2020 aku telah melahirkan padahal prediksinya sekitar tgl 2 maret 2020.
Oke lanjut bahas sesuai judulnya, (takut malah merembet kemana-mana).

Jam 3.30 dini hari rasa mules udah mulai teratur tiap 10menit, cuma durasi mulesnya masih sedikit datanglah langsung kita ke bidan.
Begitu sampai bidan langsung suruh ganti pakai kain lalu di cek pembukaan, dan baru pembukaan 3 oke aku suruh jalan-jalan ringan.

Menjelang siang rasa mules makin sering dan durasinya makin lama, disitu aku mulai nangis kenceng banget huuft (aku emang sedramastis ituh).wkwkwkwk

Saat itu sekitar jam 7 Perkiraan aku kayanya udah sekitar pembukaan 5 nih, karna kan mulesnya udah aduhai banget, begitu di cek sama bidan ternyata masih pembukaan 3 aku tetep sabar, dalam teriakku memang begini prosesnya. Huhuhu

Tiba-tiba saja bidan bawain aku sarapan untuk aku makan supaya bertenaga setelah itu bidannya bilang mau pasang infus induksi.

Aku langsung kaget dooong, batin dan hati kompak protes ga mau induksi.
Apa boleh buat dari jam 3 sampai dengan jam 7 masih pembukaan 3, padahal waktu anak pertama juga emang lama sih. Yaudah lah yaaaa ga ada pilihan akhirnya aku mau induksi, lanjut.

Pas lagi mules-mulesnya aku dipindahkan ke ruang bersalin dan pas lagi mules-mulesnya juga tangan aku ditusuk jarum berkali-kali rasanya lebih sakit daripada ditinggal pas lagi sayang-sayangnya wkwkwk.
Ini pas lagi nulis bisa cengengesan pas hari kejadian mah boro-boro hhhahahaha, lanjut
(Ini bagian terrrrnikmat, hanya yang pernah mengalami yang bisa merasakan).
Sejak tusukan jarum itu, tiba-tiba badan jadi dingin berasa ruangan itu berAC padahal ngga, rasa sakit berfokus pada satu titik yaitu di bagian rahim. Di bagian ini aku bener-bener ngerasa sakit lebih sakit dari anak pertama, saking sakitnya yang tadinya aku nangis kenceng jadi ga bisa nangis, sekuat tenaga aku memegang tangan suamiku, rasanya ga mau ditinggal suami dan bidan, bidannya keluar ruangan langsung aku panggil, aku pegangin tangan bidannya sambil merintih minta tolong seakan saat itu aku ga punya harapan, sempet minta dicabut infus induksi itu.

Ga lama dari saat aku induksi bidan langsung cek pembukaan, kata bidan udah pembukaan 7 aku masih menyangka kalo bidannya bilang gitu hanya agar aku bisa sedikit tenang, lalu aku dikasih arahan harus seperti apa saat pembukaannya udah lengkap.

Setengah sadar bidan menyuruhku mengejan tanpa memberitahu kalo pembukaannya udah lengkap. (Aku gatau apakah bidannya yang ga bilang atau akunya yang ga fokus)
Nyaris ga bisa mengejan karna emang tenaganya udah abis buat nahan mules. Tapi Alhamdulillahirabil'alamin dengan 2x mengejan langsung terdengar teriakan nangis sang buah hati semuanya bernafas lega dan mengucap hamdallah...Alhamdulillah....

Sesi jahit menjahit kita skip yaa, lanjut

Bahwa ternyata induksi itu ga seseram yang dibayangkan. Rasa mules jadi 2x lipat itu benar adanya, tapi juga jadi lebih mempersingkat waktu hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 30menit pembukaan udah lengkap dan siap melahirkan.
Aku jadi mikir kalo aku ga induksi kemungkinan sore baru melahirkan. 

Tapi ini hanya pengalaman aku aja, karena kan tiap orang memiliki reaksi induksi yang berbeza-beza.

Jadi intinya, kalo emang kondisinya harus melahirkan dengan cara induksi ya ngga apa-apa yang penting siapin mental, siapin tenaga, berpikir positif, dan yang paling penting yaitu berdo'a.


Baiklah semoga bermanfaat tulisanku yang tak seberapa ini.
Trims yang udah mampir :-)



Comments