MENGATASI RASA MULAS SEPERTI KONTRAKSI PASCA MELAHIRKAN


Rasa mulas atau kontraksi rahim ternyata ga hanya pada saat proses melahirkan aja. Ini terjadi sama aku sendiri pasca melahirkan anak kedua beberapa waktu lalu.

Jadi waktu lahir anak pertama setelah si baby lahir itu emang rahim masih terasa mules karna ternyata plasentanya masih didalem otomatis masih sakit..

Berbeda waktu lahiran anak kedua baby udah lahir, plasenta pun udah keluar, tapi ko masih mules setelah aku tanya bidan katanya itu normal justru bagus karna itu merupakan proses kembalinya ukuran rahim ke bentuk semula, oke disini aku bepikir mungkin nanti bakal segera ilang rasa mulesnya.
Tapi ternyata makin sakit, rasanya kaya lagi kontraksi pembukaan 5 (sakit kan??) apalagi saat aku menyusui Ya Allah jadi 2 kali lipat sakitnya. Aku ga tau sih penyebab sakit ini apakah karna lahiran secara induksi atau karna aku belum buang air besar pasca melahirkan.

Beberapa kali aku searching di google tentang mengatasi kontraksi pasca melahirkan aku dapet beberapa solusi seperti misalnya :

* banyak minum supaya sering buang air kecil.

* tengkurap dengan bantal dibagian perut bawah.

* kompres air hangat (kalo aku menggunakan botol kaca) ditempel ke bagian perut yang sakit.

* memijat perut bagian bawah dengan lembut (aku pake minyak kayu putih)
Cara diatas cukup membantu mengurangi rasa sakit tapi tidak mengobati.

Menurut artikel yang aku baca rasa sakit kontraksi pasca melahirkan ini hanya sementara tapi saat itu aku udah 5 hari.
Dihari kelima pasca melahirkan adikku berkunjung lalu aku minta telepon mama, aku curahin semua yang aku rasain sambil termehek-mehek , hari itu hari terberat buatku karna aku ngerasain sakit dibanyak tempat. Aku tanya mama obat sakit mules abis lahiran.
Mamaku bilang abis lahiran anak kedua emang gitu, apalagi nanti anak ketiga dan seterusnya.
Lalu mama bilang aku suruh nyemilin kacang tanah, bisa yang digoreng ataupun direbus. Mau langsung beli tapi udah malem pasar juga udah tutup.

Tiba-tiba adik ipar bawain kacang tanah goreng seribuan sebanyak 5 bungkus beli di warung,  langsung aku makan, dan.....ini AJAIB banget belum sampe abis sebungkus perutku langsung mules terus buang angin (selama sakit aku susah buang angin).
Aku langsung happy dooong...dengan semangat aku makan lagi si kacang gorengnya.
Setelah abis 2 bungkus aku langsung buang air besar doong...
Rasa sakitnya perlahan berkurang, setelah aku habisin si kacangnya alhamdulillah sembuh total.
Jadi, cara mengatasi rasa mulas seperti kontraksi pasca melahirkan itu cuma makan kacang say...iyaa kacang...pasti suka kan...???
Aku ga tau sih ini bisa menyembuhkan buat orang lain atau ngga ini hanya berdasarkan pengalamnku, tapi ga ada salahnya untuk dicoba.

Makasih yaa mamaku sayang, makasih juga adik ipar *bighug





Comments